PERINGATAN HARI NELAYAN NASIONAL TAHUN 2017

Forum Kelompok Usaha Bersama (FKUB) Nelayan Bengkong, Batuampar dan Lubukbaja memperingati Hari Nelayan Nasional dilapangan sepak bola Tanjunguma, kamis (6/4). Dalam kesempatan itu FKUB memberikan santunan kepada 73 anak yatim  piatu “ini juga merupakan ajang silaturahmi antara nelayan di Batam,” kata ketua FKUB Kecamatan Lubukbaja, Ramlan.

Peringatan hari Nelayan Nasional yang selengarakan merupakan salah satu bentuk keperhatian Nelayan yang saat ini sudah terpinggirkan dimana zona tangkap ikan sudah jauh dari perairan Batam. Perkembangan pembangunan membuat zona tangkap hilang, dimana penimbunan laut dan reklamasi tidak bisa dihindari * ujarnya.

Nelayan berharap pembinaan dan anggaran dari pemerintah untuk kesejahteraan Ramlan menambahkan, dalam momentum peringatan Hari Nelayan Nasional seluruh nelayan ingin dilibatkan  penerbitan izin Analisis Menganai Dampak Lingkungan (Amdal) serta program pemerintah yang menyangkut dengan laut dan pesisir, sehngga nelayan tidak dirugikan.” Pengembangan perumahan menimbun laut, menebang huhtan mangrove itu merupakan tempat hidup biota laut. Tidak seharusnya melakukan penebangan begitu saja.

Pemerintah diharapkan mengembalikan biota laut dimana harus melakukan konservasi, mulai dari bersih-bersih pantai penanaman cemara udang serta mengembalikan biota laut dengan cara tranplantasi terumbu karang. Nelyan juga butuh penyuluh karena nelayan juga tidak punya skil saat diberikan bantuan baik itu berbetuk kapal maupun alat tangkap ujarnya Wakil ketua komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Sirajudin Nur mengatakan, akan membantu nelayan dengan bantuan 170 kapal dari dinas Kelautan dan Perikanan sehingga nelayan bisa melakukan penangkapan ikan di zona tangkap yang baru diperairan Batam,” kami akan batu para nelayan baik itu peralatan maupun alat tangkap. Hal ini untuk mensejahterakan nelayan,” kata Sirajudin. Untuk kesejateraan nelayan dirinya akan memasukkan anggaran untuk nelayan, sehingga peningkatan mutu tangkap dan hasil tangkapan nelayan meningkat.” Kami akan memberikan BPJS  kepada nelayan dan akan mengaggarkan alat tangkap bagi nelayan.” Ujarnya. Kepala Dinas Perikanan Kota Batam Ir. Husnaini Mengatakan, nelayan harus memiliki keahlian dan kemampuan untuk melakukan usaha, sehingga perikanan hasil perikanan mengingkat ,” kita juga membantu sarana dan prasarana budidaya dan tangkap kami harap juga nelayan membangun dan menjaga lingkungan perairan dengan sebaik-baiknya.