PENYERAHAN BANTUAN SAMPAN FIBER KETINTING OLEH GUBERNUR KEPULAUAN RIAU KEPADA MASYARAKAT BATAM

       Gubernur Kepulauan Riau serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau beserta jajarannya dalam rangka penyerahan bantuan sampan fiber ketinting. Penyerahan bantuan tersebut berlokasi di Pulau Buluh Kota Batam  tanggal Oktober 2017 diisi dengan pertemuan dan diskusi bersama masyarakat nelayan, kelompok pelaku usaha perikanan yang berada di pulau buluh dan diharapkan melalui bantuan ini dapat memudahkan dan membantu permasalahan yang dihadapi oleh nalayan di Pulau Buluh nelayan  pemancing di daerah pesisir.

       Penyerahan bantuan sampan fiber dan mesin Ketinting oleh bapak Gubernur Kepulauan Riau juga didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau serta beberapa pejabat lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepaulauan Riau yang berlokasi di Pulau Buluh Kota Batam hari Jum’at tanggal 27 Oktober 2017. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau melalui Kegiatan pengelolaan usaha perikanan tangkap skala kecil Program pengembangan dan pengelolaan perikanan tangkap pada APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun Anggaran 2017. Sampan fiber dilengkapi mesin ketinting diserahkan kepada masyarakat nelayan di kota Batam sampan dengan jumlah  sebanyak 104 unit, dengan tujuan agar nelayan yang sebelumnya menggunakan perahu tanpa motor beralih menggunakan mesin untuk menambah jam / trip operasional dan jangkauan daerah penangkapan ikan yang lebih luas. Sehingga jumlah tangkapan yang diperoleh meningkat dan pendapatan juga meningkat dalam mencukupi kebutuhan pokok serta sebagai rangsangan dalam menambah unit usahanya.

         Harapan kepada para penerima agar bantuan yang telah diterima dirawat, dijaga dan digunakan sebaik mungkin sesuai peruntukannya. Nelayan yang menerima bantuan wajib mengelola dan memanfaatkan bantuan dengan baik dan tidak memindahtangankan bantuan yang diterima. Setalah bantuan ini diterima oleh nelayan tersebut dari pihak Dinas Kelautan dan Perikanan akan melakukan pengecekan / Monitoring apakah bantuan yang diberikan dapat menigkatkan penghasilan nelayan bila perlu di cek sampai ke dapurnya, ungkap Gubernur  Kepulauan Riau. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan riau melakukan diskusi dan pengarahan kepada penerima bantuan untuk mengetahui apa yang sangat dibutuhkan nelayan daerah Pulau Buluh selain dari sampan ketinting, dan juga melakukan pertanyaan tentang pendapatan rata-rata perbulannya supaya dapat membandingkan antara sesudah mendapatkan bantuan dan sebelum mendapatkan bantuan. Gubernur Kepulauan Riau sangat konsen dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan, maka dari itu kedepan akan terus memperhatikan terkait dengan apa yang dibutuhkan nelayan.