LOMBA MASAK SERBA IKAN KE-11 SERTA LOMBA CIPTA MENU BERAGAM, BERGIZI SEIMBANG DAN AMAN (B2SA) TINGKAT PROVINSI KEPULAUAN RIAU TAHUN 2018

 

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau mengadakan kegiatan Lomba Masak Serba Ikan ke-11 Serta Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan seperti ini juga bermaksud untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan dan konsumsi ikan dalam meningkatkan kualitas hidup serta menarik minat anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dengan mengkonsumsi ikan menjadi sebuah kebutuhan bukan sebuah pilihan,acara Lomba memasak serba ikan tingkat Provinsi Kepri ke-11 dan lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumberdaya lokal tahun 2018 di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang pada Kamis  (2/8).

 

Kabupaten Bintan melalui Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bintan kembali meraih juara umum Lomba Masak Serba Ikan ke-11 dan Lomba Cipta Beragam MenuBergizi dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Kepri 2018. Prestasi itu membuat Kabupaten Bintan akan mewakili Provinsi Kepri di ajang Lomba Gemar Ikan dan B2SA tingkat Nasional. Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Deby Maryanti menerima penghargaan tersebut di aula kantor Gubernur Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Kamis (2/8). Deby mengatakan, keberhasilan ini tidak terlepas dari peran serta dan kerja keras seluruh TP PKK Kabupaten Bintan.

Penasihat Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri Hj Noor Lizah Nurdin Basirun mengajak kaum ibu untuk membiasakan dengan memberi anak sarapan  atau makan pagi dengan gizi yang seimbang. Hal ini pun sesuai dengan tujuan gerakan dari TP PKK yaitu mewujudkan keluarga bahagia, sejahtera, maju dan mandiri. “Masyarakat Kepri teruslah berkreasi dengan menciptakan dan menyajikan menu non beras dan non terigu serta ragam makanan serba ikan yang tentunya dengan tetap menerapkan prinsip menu makanan beragam, bergizi seimbang dan aman,” kata Noor Lizah saat menghadiri Lomba Masak Serba  Ikan ke-11 serta Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman, di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (2/8).

 

Noor Lizah mengatakan, melalui lomba ini diharapkan keanekaragaman konsumsi pangan non beras dan non terigu semakin banyak. Hal ini juga sejalan dengan langkah Pemprov Kepri untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Juga upaya untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa dengan memberdayakan potensi sumber daya lokal. Wakil Gubernur H Isdianto, yang membuka lomba ini mengatakan kalau soal masak memasak sudah tentulah itu menjadi ranahnya para ibu. Namun pada saat ini para ibu tak hanya mahir di bidang masak memasak tapi sudah mulai bersaing dengan kaum lelaki di banyak bidang. “Semakin banyak kaum hawa yang menduduki di posisi jabatan strategis pada institusi atau organisasi,” kata Isdianto.

Isdianto berharap melalui kegiatan lomba memasak serba ikan ini dapat meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa yang tangguh, cerdas dan memiliki daya saing secara nasional maupun internasional. Selain itu lomba ini dapat meningkatkan wisata kuliner untuk wilayah provinsi dan juga dapat menjadi sumber pendapatan bagi daerah Dalam acara dengan tema menu masakan ikan untuk kesehatan dan kesejarteraan masyarakat ini diikuti tujuh tim yang merupakan utusan tujuh kabupaten kota se-Kepulauan Riau. Lomba ini terdiri dari dua jenis perlombaan, yaitu lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman dengan lomba masak serba ikan ke-11 tingkat provinsi.